Jumat, 04 Maret 2011

Kamus Misuh


Kalo lu pernah ke Surabaya, pastinya lu bakalan nemuin kata-kata seperti di atas. Itu adalah "misuh". Apaan tuh? Pendek kata sih, "misuh" adalah kata-kata kotor. Tapi di Surabaya, "misuh" sudah menjadi ciri khasnya. Masyarakat kota itu memaknai misuh sebagai sebuah bentuk keakraban. Contohnya nih: "Woy.. arep nang endi,cuk!" (arti: Woy, mau ke mana, cuk!), atau "Koen iku ancene gathel" (arti: kamu itu memang gathel!) Memang sih, bagi lu yang gak terbiasa di-misuhi alias di katain kotor pasti ngrasa jengkel bin marah atau dalam hati bilang "kurang ajar lu!" atau "mau bogem gw nih..". Tapi menurut pengalaman gw yang pernah tinggal di Surabaya, gw merasakan atmosfir yang berbeda ketika ngobrol diselingi misuh. Rasanya, mmm....gimana ya..rasanya lucu juga sih. Tapi inget, misuhnya dalam konteks bercanda ya... Beda lho rasanya di-misuhi pas lagi emosi. hehehe. Tapi yang jelas, dengan menyisipkan misuh-an, ada rasa keeratan yang didapat (cieee ..bahasanya...) dan pastinya itu merupakan ciri khas arek Suroboyo. And lu musti praktekin sendiri biar pada ngerti. OK.
see you in the next post. See ya..

nb:
- bagi para pembaca (especially bonek mania) yang tidak berkenan dengan tulisan ini, gw mohon maaf. gw jangan dibogem  yak.. peace..
- sumber gambar : gw temuin di FB temen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar